biota laut  

Posted by jesbon

semua orang pasti mempunyai suatu hal yang bisa membuat mereka senang ato lepas dari segala masalahnya. ntah itu shopping, baca buku, tidur seharian ato apalah.


nahh, sedangkan saia sendiri nii hal yg bisa bikin saia senang dan terlepas dari segala stress adalah pantai. ntah pantai mana pun yang penting ada laut sama pasirnya. engga harus pantai yang rame banget. saia lebih seneng malah kalo pantainya gk rame. hehehe ngomong-ngomong soal pantai, perna engga sii kalian semua berpikir ada apa di bawah laut itu? ato seperti apa bentuk mahluk hidup yang ada di bawah laut itu. kalo kita semua udah pernah ke sea world pasti udah tau laa yaaa.. tapi apakah kalian tau secara persis bagaimana terbentuknya? ato bagaimana ia hidup? kalo ada yang belum tahu, kali ini saia mau membahas tentang terumbu karang dan rumput laut. penasaran? baca ajaaa.....

TERUMBU KARANG

Terumbu Karang merupakan salah satu komponen utama sumber daya pesisir dan laut utama, disamping hutan mangrove dan padang lamun. Terumbu karang merupakan kumpulan fauna laut yang berkumpul menjadi satu membentuk terumbu. Struktur tubuh karang banyak terdiri atas kalsium dan karbon. Hewan ini hidup dengan memakan berbagai mikro organisme yang hidup melayang di kolom perairan laut.

Terumbu karang dan segala kehidupan yang ada didalamnya merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya. Diperkirakan luas terumbu karang yang terdapat di perairan Indonesia adalah lebih dari 60.000 km2, yang tersebar luas dari perairan Kawasan Barat Indonesia sampai Kawasan Timur Indonesia (Walters, 1994 dalam Suharsono, 1998).

Indonesia merupakan tempat bagi sekitar 1/8 dari terumbu karang Dunia (Cesar 1997) dan merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman biota perairan dibanding dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi. Menurut Cesar (1997) estimasi jenis manfaat yang terkandung dalam terumbu karang dapat diidentifikasi menjadi dua yaitu manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.

Manfaat dari terumbu karang yang langsung dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah pemanfaatan sumber daya ikan, batu karang, pariwisata, penelitian dan pemanfaatan biota perairan lainnya yang terkandung di dalamnya. Sedangkan yang termasuk dalam pemanfaatan tidak langsung adalah seperti fungsi terumbu karang sebagai penahan abrasi pantai, keanekaragaman hayati dan lain sebagainya.

Jenis-jenis terumbu karang:
1. Terumbu karang tepi (fringing reefs)
2. Terumbu karang penghalang (barrier reefs)
3. Terumbu karang cincin (atolls)
4. Terumbu karang datar/Gosong terumbu (patch reefs)

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Terumbu
_karang


RUMPUT LAUT

Dalam bahasa Inggris, rumput laut diartikan sebagai seaweed. Sumberdaya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Rumput laut alam biasanya dapat hidup di atas substrat pasir dan karang mati. Beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, rumput laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak. Di pantai selatan Jawa Barat dan Banten misalnya, rumput laut dapat ditemui di sekitar pantai Santolo dan Sayang Heulang di Kabupaten Garut atau di daerah Ujung Kulon Kabupaten Pandeglang. Sementara di daerah pantai barat Sumatera, rumput laut dapat ditemui di pesisir barat Provinsi Lampung sampai pesisir Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Selain hidup bebas di alam, beberapa jenis rumput laut juga banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat pesisir Indonesia. Contoh jenis rumput laut yang banyak dibudidayakan diantaranya adalah Euchema cottonii dan Gracelaria sp. Beberapa daerah dan pulau di Indonesia yang masyarakat pesisirnya banyak melakukan usaha budidaya rumput laut ini diantaranya berada di wilayah pesisir Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Lombok, Sulawesi, Maluku dan Papua.

PEMANFAATAN HASIL OLAHAN RUMPUT LAUT


Di Jepang, Cina, Eropa, atau Amerika, rumput laut telah lama digunakan sebagai makanan atau obat-obatan. Biasanya, dibuat nori, kombu, pudding, sup, saus, dan dalam bentuk mentah sebagai sayuran. Di Indonesia, sejak ratusan tahun yang lalu, rumput laut telah dimanfaatkan sebagai sayuran, terutama oleh penduduk yang tinggal di sepanjang pantai. Jenis rumput laut di Indonesia mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, sedikit protein dan vitamin. Karbohidrat dari rumput laut ini sukar diuraikan oleh enzim pencernaan. Karena itu, sebagian besar rumput laut tidak dimanfaatkan sebagai makanan, tetapi sebagai bahan tambahan dalam industry makanan, obat-obatan, dan kosmetika.

Jenis rumput laut yang paling penting untuk ketiga industri ini adalah Eucheuma karena
mengandung karaginan yang berfungsi sebagai pengatur keseimbangan, bahan pengental, pembentuk gel, dan pengemulsi. Selain Eucheuma, rumput laut yang sering digunakan adalah Gelidium dan Gracilari yang mengandung agar untuk industry agar-agar.

Selain untuk makanan, rumput laut dapat dimanfaatkan sebagai makanan karena kandungan gizinya cukup tinggi. Berikut kandungan gizi dari beberapa jenis rumput laut yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan dan Bali.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Rumput_laut dan http://rumputlaut.org/pemanfaatan-hasil-olahan-rumput-laut/#more-192

This entry was posted on 12:30 PM and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments